Bunga sedap malam biasa mekar di malam hari. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Meksiko. Digunakan di Hawaii untuk pengantin dan dahulu digunakan sebagai bunga kuburan. Bunga Sedap Malam merupakan salah satu bunga yang  sudah banyak dikenal luas di Indonesia sebagai bunga potong dan penghasil parfum. Memiliki kesegaran yang mampu bertahan lama. Meskipun telah dipotong, bunga  ini kesegarannya dapat bertahan selama 5-10 hari.
                          Bunga Sedap Malam juga telah ditetapkan sebagai flora identitasnya provinsi Jawa Timur. Kalo di Melayu bunga ini dikenal juga sebagai Sundal Malam (untung di Indonesia namanya Sedap Malam).
                         Saat ini bunga Sedap Malam banyak dibudidayakan di berbagai daerah di Indonesia. Sentra produksi bunga potongnya seperti di Brastagi (Sumut), Sukabumi, Cianjur, Tasikamalaya (Jabar), Bandungan (Jateng) Malang, dan Pasuruan (Jatim).  

                       Bunga ini  dimanfaatkan bukan hanya sebagai bunga potong loh, tapi juga untuk berbagai keperluan. Seperti diolah sebagai bahan pembuat parfum. Wanginya yang seharum melati bermanfaat menenangkan hati orang di sekitarnya. Bahkan wangi sedap malam yang khas ini juga memiliki sejumlah khasiat antara lain sebagai relaksator dan memiliki ketajaman dalam menstimulus otak bagian kanan yang terkoneksi dengan kreatifitas seseorang.