Kegiatan merangkai bunga dapat menjadi salah satu hobi yang menarik dan juga bisa menghasilkan alias menjadi sumber rejeki Sobat CF, tidak sedikit orang yang membutuhkan jasa merangkai bunga, baik merangkai bunga untuk hiasan di atas meja, hingga menghias dekorasi ruangan untuk sebuah acara tertentu.
            Rangkaian bunga memang menjadi instrumen pelengkap yang sempurna untuk memberikan kesan indah, berkarakter dan damai untuk segala kondisi, misalnya di ruang tamu Sobat CF, menyediakan beberapa vas bunga hasil kreasi sendiri tentu akan menyenangkan pandangan.


            Cara merangkai bunga yang mudah untuk dipraktekkan tentunya sangat dibutuhkan oleh orang-orang pencinta bunga,  karena ini adalah salah satu kreatifitas dasar untuk membuat rumah kita tampil lebih cantik. Tentunya cara menata bunga ini Sobat CF bisa jadikan sebagai lahan bisnis apabila Sobat CF sudah mahir dalam merangkai bunga karena rangkaian bunga banyak dijadikan hadiah kado valentine untuk orang terkasih.

          Alasan mengapa kadang harga jasa rangkai florist dirasa cukup mahal karena cara merangkai bunga tidak semudah yang kita lihat. Florist harus memikirkan betul komposisi bunga lalu kesatuan serta proporsi bunga itu sendiri seperti apa agar hasil rangkaian bunga tersebut menjadi indah dipandang.
          Cara merangkai bunga hidup yang mudah tidak akan sulit dipraktikkan apabila anda memahami nilai estetika. Kemudian anda juga harus membedakan merangkai bunga segar dengan bunga imitasi, karena bunga segar tentunya jauh lebih sensitif sehingga dalam merangkai tentunya kita harus berhati-hari. Selebihnya antara merangkai bunga segar dan imitasi tidak ada bedanya sama sekali.

Berikut adalah cara merangkai bunga yang mudah :

 1. Menyiapkan dan Memotong Bagian Bunga

       Persiapkanlah bunga yang akan dirangkai dan pastikan bahwa setiap bunga tersebut sudah Anda potong setidaknya pada bagian pangkal daun. Letakkan bunga di air segera setelah Anda membelinya. Isi ember dengan air hangat, tambahkan sedikit pengawet, dan kemudian letakkan bunga.. Hal ini memungkinkan agar daun tersebut tidak mengganggu air di vas, sehingga membantu untuk menjaga bunga untuk tetap segar. Potonglah bagian bunga dengan cara miring ke atas atau kebawah, Potong sekiranya satu inci dari batang dengan menggunakan pisau atau gunting tajam, terutama jika bunga direndam beberapa saat sebelum dirangkai. Potongan bunga yang segar akan membantu batang dalam menyerap air lebih baik. hal ini memungkinkan agar bunga akan menerima nutrisi yang cukup. 

2. Memilih Vas Bunga yang Tepat

       Bunga dengan ukuran yang lebih kecil cenderung terlihat menarik ketika menggunakan vas pendek dan agak besar. Sementara bunga dengan ukuran lebih besar akan terlihat lebih elegan dengan menggunakan vas yang lebih tinggi. Tetapi dalam hal ini Anda masih tetap dapat memotong bagian bunga dengan panjang yang sesuai seperti selera Anda.


3. Membersihkan Vas Rangkaian Bunga

        Pastikan vas yang akan Anda gunakan telah dibersihkan dari residu dengan cara dibilas. Jika Anda menggunak an vas yang terbuat dari kaca, maka Anda juga dapat menambahkan berbagai media didalamnya, seperti pasir, kerikil, atau manik-manik kaca pada bagian bawah vas. Bisa juga gunakan busa untuk menjaga bunga agar tidak terhidrasi terus menerus dan bisa bertahan lebih lama. Rendam busa selama 15 menit sebelum dipotong sesuai dengan container atau wadah bunga. Siram busa setiap dua hari sekali. Hal ini dilakukan untuk membantuk mendukung bagian batang bunga dan juga untuk memberikan nuansa yang menarik dari hasil pengaturan rangkaian bunga yang akan dibuat.


4. Mengisi Vas Dengan Air Bersuhu Kamar

       Upayakan untuk mengisi vas dengan air yang hangat, atau paling tidak bersuhu kamar. Air hangat membantu kepala bunga yang erat tertutup, seperti bunga mawar atau ranunculus, untuk membuka atau mekar sepenuhnya. Tinggalkan bunga dalam air selama sehari atau dua hari sebelum dirangkai.  Hal ini dimaksudkan agar bunga yang masih kuncup cepat mekar, serta tetap segar dan tahan lama.


5. Menata Bunga Sesuai Ukurannya

      Potong kembali batang bunga sebelum menyusunnya di rangkaian. Potong daun agar tidak terendam di bawah garis air. Dalam menata bunga, maka upayakanlah agar bunga yang lebih besar dan lebih dominan harus yang paling pertama menjadi proritas untuk di rangkai. Cobalah untuk menempatkan bunga-bunga di sudut yang berbeda untuk membuat sebagian besar dari bentuk masing-masing dan memberikan pengaturan terlihat seimbang. Campur bunga yang memiliki warna dan tekstur yang berbeda untuk membuat rangkaian monokromatik yang menarik dilihat. Warna bunga yang serupa atau tidak terlalu mencolok perbedaannya akan membuat rangkaian bunga semakin menarik.  Sobat CF kemudian harus menambahkan bunga-bunga kecil dan akhirnya dedaunan untuk mengisi kesenjangan dan menonjolkan perpaduan warna dari pengaturan tersebut.

       Demikianlah cara merangkai bunga yang bisa Sobat CF implementasikan untuk memperindah suasana ruangan rumah Sobat CF.



Selamat mencoba ...