Fungsi Dan Kegunaan Bunga :


1. Mengungkapkan Cinta.


Hal ini sudah biasa digunakan oleh kaum pria untuk mengungkapkan perasaannya pada wanita yang ia cintai. Biasanya hal ini bersifat kejutan dengan memberikan sekuntum, atau seikat bunga (umumnya pria menggunakan bunga mawar) pada moment tertentu. Misalnya, saat akan mengajak jadian atau moment pernikahan, makan malam bersama ataupun moment romantis lainnya.














2. Berziarah ke Makam.



Ketika seseorang berziarah ke makam, mereka biasanya akan menabur bunga kemudian berdo’a. bungga yang digunakan sebangsa bunga melati dan bunga-bunga lainnya yang memiliki aroma tajam. Selain merupakan bagian dari budaya, menabur bunga merupakan salah satu ajaran bertujuan agar kita selalu mengingat dan mendo;akan mereka yang sudah tiada.












3. Mengekspresikan Rasa Bela Sungkawa.


 Karangan bunga yang digunakan biasanya berbentuk bunga papan, bunga standing, bunga krans dan tidak menggunakan banyak warna. Warna dominan yang digunakan adalah putih dan hitam.

























4. Mengekpresikan Rasa Suka Cita.



Dalam hal ini, karangan bunga akan menghiasi gedung atau suatu tempat bertujuan untuk memberikan selamat kepada orang tertentu atas kesuksesan yang diraihnya. Misal, terpilih sebagai Wali Kota, membuka gerai bisnis baru, bahkan ucapan selamat kepada kedua mempelai.










5. Hiasan Pernikahan.



Dalam moment bahagia seperti pernikahan, hiasan bunga tampak bertebaran di setiap penjuru ruangan. Bagi yang menggunakan konsep pernikahan modern, si pengantin wanita biasanya membawa seikat bunga yang nantinya akan dilempar kepada para tamu undangan. Bagi yang bisa menangkapnya, dipercaya akan segera menyusul untuk menikah.






6. Perantara Ibadah.



Bunga juga biasa digunakan sebagai mediator saat bersembahyang untuk beberapa agama lainnya. Bunga dipercaya memiliki arti tulus ikhlas dan suci serta melambangkan sifat maha cinta kasih dari Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, bunga adalah lambang-lambang dari keagamaan. Ketika bunga dirangkai, hal itupun dilakukan sesuai aturang bagaimana merangkai bunga untuk sebuah sesajen Canang.





  • "Bunga memiliki arti yang sangat luas dan dapat digunakan seseorang untuk mengekspresikan perasaan mereka jika mereka kesulitan mengutarakan isi hati mereka secara lisan."